cover
Contact Name
amir furqon
Contact Email
furqon@unira.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
furqon@unira.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MAKRO MANAJEMEN
Published by Universitas Madura
ISSN : 14122936     EISSN : 25497308     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
Jurnal ini berisi hasil penelitian terkait ilmu manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN MENGGUNAKAN LISTRIK PRABAYAR TERHADAP KENERJA PT. PLN (PERSERO) RAYON KETAPANG Mohammad Amir Furqon; Taufik Rahman --; Syaiful -- --
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (871.735 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secarasimultan maupun parsial promosi (Advertising, Personal Selling, Direct Marketing) dan untuk mengetahui pengaruh yang lebih dominan terhadap minat pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar di PT. PLN (Persero) Rayon Ketapang. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah random sampling sebanyak 99 sampel. Metode analisis ynag digunakan adalah metode regresi linier berganda (multi linier regression).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (Advertising, PersonalSelling, Direct Marketing) berpengaruh secara signifikan terhadap minat pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar di PT. PLN (Persero) Rayon Ketapang. Variabel yang lebih dominan memiliki pengaruh signifikan adalah direct marketing. Nilai koefisien diterminan (R square) diperoleh 0,512, hal ini berarti bahwa minat pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel Advertising, Personal Selling, Direct Marketing) sebesar 51,2% sedangkan sisanya sebesar 48,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUSPACK TERHADAP IMPULSE BUYING (STUDI KASUS PADA INDOMARET UNIT DIRGAHAYU) Adriani Kusuma --; Noer M. Sudrajat; Ferdy Rachmad Kurniawan
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.433 KB)

Abstract

Di tengah pergeseran pola usaha khususnya ritel dan semakin pesat pertumbuhannya. Maka diperlukan suatu strategi guna menarik para calon pembeli untuk hanya sekedar mampir dan sekaligus berbelanja item produk yang telah disediakan oleh rigtel tersebut.Hal ini diperlukan kiat guna memikat calon pembeli. Oleh karenanya penelitian inimengangkat tema pengaruh price discount dan bonuspack terhadap impulse buying. Dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisa regresi linear berganda menggunakan SPSS dapat diketahui R = 0,703 yang berarti korelasi atau hubungan 2 variabel bebasnya bertaraf kuat.
Pengaruh Faktor Harga, Tempat dan Waktu Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa PT. JNE Pamekasan Runik Puji Rahayu; Nurul Alfian --
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.144 KB)

Abstract

Pemasaran termasuk salah satu kegiatan yang penting bagi perusahaan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya dan perkembangannya, serta untuk memperoleh keuntungan besar. Perusahaan penyedia jasa pengiriman merupakan perusahaan yang memiliki persaingan yang sangat tinggi. Semakin berkembangnya pesaing yang bergerak dibidang yang sama akhir-akhir inisangat ketat, maka perusahaan pengiriman jasa harus baik dalam produk, harga, promosi, lokasi,proses, karyawan, dan tampilan fisik, sehingga memberikan dampak bagi konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman namun konsumen tetap lebih condong menggunakan jasa pengirimanPT. JNE. Hal ini dilakukan semata-mata bertujuan untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat dan membuat masyarakat menggunakan jasa pengiriman tersebut. Tujuan penelitian ini. Untuk mengetahui faktor pengaruh harga, tempat, dan waktu secara simultan terhadap keputusan konsumen untukmenggunakan jasa pengiriman PT. JNE. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis dan sumber data data primer data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner terhadap responden tentang pengaruh harga, tempat, dan waktu, terhadap keputusan konsumenmenggunakan jasa pengiriman JNE. Sampel penelitian ini setiap responden yang menggunakan jasa PT JNE di Pamekasan. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, harga berpengaruhsecara signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pengiriman PT. JNE dengan koefisiensi negatif. Tempat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa pengiriman PT. JNE dengan koefisiensi positif. Waktu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dengan koefisiensi positif. Harga merupakan hal yang paling mempengaruhi terhadap keputusan konsuemen. Saran penelitian ini Sebaiknya jasa pengiriman PT. JNE terus mempertahankan faktor-faktor yang sudah berjalan dengan baik seperti harga, tempat dan waktu agar tetap menjadi salah satu pilihan konsumen dan juga dalam hal layanan jasa pengiriman PT.JNE.
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN XL AXIATA SAMPANG Wahyu Maulana --; DEVI LESTARI PRAMITAPUTRI
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.217 KB)

Abstract

Pelanggan merupakan salah satu faktor penentu sebuah perusahaan untuk terussurvive dalam persaingan bisnis. Hal ini dilakukan agar pelanggan menjadi loyalterhadap sebuah perusahaan. Tingkat loyalitas ini dapat tercapai dengan adanyaCustomer Relationship Mangement (CRM) yang tepat sasaran sehingga terciptahubungan yang baik dan saling menguntungkan dengan para pelanggannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh CRM terhadap loyalitaspelanggan XL Axiata Sampang. Dasar penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan studipendahuluan, wawancara dan kuesioner serta studi kepustakaan. Subjekpenelitian ini adalah penduduk yang berdomisili Sampang tepatnya di kelurahanBanyuanyar. Penelitian ini mengambil sampel dengan teknik isidental dan terdapat40 responden yang peneliti temui setelah menyediakan 60 lembar angket. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa CRM berpengaruh secara positif dan signifikanterhadap loyalitas pelanggan XL Axiata Sampang. Hasil ini dapat dilihat padaanalisis regresi sederhana dimana hasil dari perhitungannya adalah Y = 1,043+0,687 X. Dan nilai R sebesar 47,4% sedangkan nilai R square 22,5%. Data yangdiperoleh selanjutnya juga dihitung menggunakan teknik presentasi denganperhitungan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adapengaruh CRM terhadap Loyalitas pelanggan XL Axiata Sampang dengan hasilt-hitung sebesar 3,322
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT. GUDANG GARAM, TBK. Krido Eko --; Cahyono - -
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja keuangan bisa dilihat dari peningkatan penjualan. Hal tersebut dapatdicerminkan dalam suatu laporan, laporan yang menggambarkan perkembangankinerja keuangan perusahaan pada periode tertentu. Laporan tersebut disajikandalam bentuk laporan keuangan. Agar laporan keuangan dapat digunakan bagipihak internal maupun eksternal maka perlu dilakukan analisis hubungan dari pos atau akun dalam laporan keuangan yang sering disebut dengan analisis laporan keuangan. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan PT. Gudang Garam Tbk berdasarkan analisis rasio profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatifmenggunakan pengukuran rasio profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas. Berdasarkan rasio likuiditas secara keseluruhan keadaan perusahaan berada dalam keadaan baik, meski selama kurun waktu dari tahun 2015-2017 berfluktuasi. Berdasarkan rasio sovabilitas keadaan perusahaan pada posisi solvable, karena modal perusahaan dalam keadaan cukup untuk menjamin hutang yang diberikan oleh kreditor.Berdasarkan rasio profitabilitas secara keseluruhan perusahaan berada dalam posisi yang cukup baik.
PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP MARKET VALUE ADDED (MVA) Pontjo Bambang Mahargiono; Emeralda Ayu Kusuma
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara empiris pengaruh modalintelektual terhadap market value added (MVA) dengan menggunakan sampel sebanyak 210 dari tahun 2008 sampai tahun 2014 dari perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan data panel menggunakan aplikasi SPSS untuk menguji data. Hasil dari penelitian iniadalah value added capital (VACA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap market value added (MVA), value added human capital (VAHU) berpengaruh negative dan signifikan terhadap market value added (MVA), dan structural capital value added (STVA) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap market value added (MVA). Hasil dari penelitian ini memperluas pemahaman tentang peran modal intelektual dalam menciptakan nilai perusahaan dan membangun keunggulan bagi perusahaan perbankan di negara berkembangdimana adanya banyaknya persaingan ekonomi yang semakin meningkat sehingga dibutuhkan implikasi yang berbeda untuk meningkatkan modal intelektual.
PENGARUH METODE AIDA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEALER HONDA SINAR BARU Agus Sugiyardi --; Affan - -; Yudha Eko Pramanta
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai salah satu upaya menarik minat konsumen ditengah ketatnya persaingan usaha sejenis. Maka diperlukan strategi khusus guna menggaet para calon pembeli sebanyakbanyaknya bak ribuan laron yang terbang menghampiri sebuah lampu yang menyala terang. Sehingga semakin terang cahayanya maka akan semakin banyak laron yang datang menghampiri bohlam tersebut. Sama halnya dengan hal itu maka diperlukan strategi yang jitu guna menarik minat calon pembeli sebanyak mungkin. Strategi yang dimaksud yaitu metode AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action) dengan analisis kulitatif dan kuantitatif. Menggunakan regresi linier berganda.

Page 1 of 1 | Total Record : 7